Jumat, 12 Oktober 2012

Keistimewaan BlackBerry 10

blackberry
(TEKNOBIZ - Gadget) Research In Motion (RIM) mengumbar banyak janji akan kehebatan platform BlackBerry 10 yang akan disematkan ke dalam enam handset terbaru bertenaga dual core yang baru akan diluncurkan pada kuartal pertama 2013 nanti.

Performa BB10 ini dipaparkan langsung oleh Frank Boulben, Chief Marketing Officer RIM dan Carlo Chiarello, Executive Vice President Smartphone Business RIM, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (11/10/2012).

Handset terbaru BB10 itu katanya akan hadir dalam dua pilihan yakni seluruhnya layar sentuh tanpa tombol apapun, dan satu lagi hybrid layar sentuh dengan keyboard fisik. RIM tak memungkiri, keyboard fisik masih sangat digemari.

"Namun bisa saya pastikan, Anda semua juga akan menggemari fully touchscreen dengan virtual keyboard karena amat mudah digunakan. Bahkan untuk mengetik BBM pun juga lebih cepat," kata Boulben.

Selain virtual keyboard, RIM juga menjanjikan baterai BlackBerry terbarunya nanti sanggup bertahan sehari penuh meski digunakan untuk aktivitas yang padat.

Selain itu, seluruh fitur yang ada di RIM akan selalu 'on' tanpa harus menghidupkan atau mematikan. Perpindahan antar aplikasi pun dijanjikan akan berlangsung seamless tanpa harus terganggu 'jam pasir'.

"Baterai, browser, camera, akan lebih baik. Semua akan terintegrasi baik email, chatting, BBM, SMS, Facebook, Twitter, dan lainnya. Semua bisa dilakukan hanya dengan satu jari tangan saja dengan BlackBerry Hub," ujar Boulben.

Saat diluncurkan nanti, BB10 juga dijanjikan sebagai handset multimedia pertama yang memiliki aplikasi paling banyak. "Sedikitnya 100 aplikasi paling digemari akan hadir. Termasuk aplikasi paling populer dari Sillcon Valley. Aplikasi khusus untuk Indonesia juga tersedia," katanya.

Dalam demo BB10 yang dipresentasikan Carlo Chiello, semua aktivitas dengan BlackBerry diperagakannya hanya menggunakan satu tangan. Mulai dari mengetikan kata-kata dengan bantuan teks prediktif, browsing, dan lainnya, hingga mengecek email dan segala pesan masuk yang dilakukan dengan cara swipe bergeser ke samping.

Sayangnya, Chiello tak mengizinkan media untuk merekam maupun mengambil foto saat presentasi berlangsung. "Ada beberapa fitur yang masih confidential dan kami tidak ingin fitur ini bocor. Kami ingin BB10 ini tetap menjadi kejutan pada saat diluncurkan nanti," kata dia.

Pun dengan BB10 yang menjadi objek peragaannya, dikatakan Chiello hanya prototype. "Handset ini bukan versi final. Biar saja kalau kalian bilang handset ini mirip Nokia Lumia, yang pasti nanti akan berbeda. Mungkin yang tetap sama layarnya saja," ucapnya.

Chiello juga mengatakan platform OS BB10 ini hanya akan bisa digunakan di handset baru. "Tentu saja harus handset baru. Seperti mobil biasa dan mobil balap, tenaganya saja beda. Di handset baru nanti, kami menggunakan prosesor dual core," pungkasnya.



0 komentar:

Poskan Komentar